Minggu, 01 Januari 2012

The Postcards From The Zoo, film baru Nicholas Saputra

Ladya Cheryl




Nicholas Saputra

Satu lagi film Indonesia berkualitas yang bakal berkompetisi di ajang internasional. Adalah “Postcards from the Zoo” sebuah film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Ladya Cheryl yang akan berkompetisi di 62nd Berlin International Film Festival di bulan Februari tahun 2012 mendatang. Film yang judul berbahasa indonesianya disebut “Kebun Binatang” ini ditulis dan disutradarai oleh Edwin. Untuk penulisan, Edwin dibantu oleh penulis skrip kondang, Titien Wattimena.



Sinopsis

Ingatan Lana dimulai 20 tahun yang lalu, ketika sang ayah meninggalkan dirinya sendirian di sebuah kebun binatang. Iapun diasuh oleh seorang pelatih jerapah dan akhirnya hidup di kebun binatang tersebut, menikmati suara langkah kaki Kudanil, kepakkan telinga gajah, dan suara aneh jerapah. Lana tumbuh menjadi anak yang penuh kebahagiaan, sehingga akhirnya mampu melupakan sang ayah.

Suatu hari, seorang koboy datang ke kebun binatang tersebut. Lana langsung jatuh cinta padanya. Ia pun kemudian menjadi asisten koboy tersebut dan membantunya tampil dalam atraksi sulap. Kota tempat mereka tinggal menyukai mereka dan akhirnya keduanya memiliki acara TV sendiri. Suatu hari, si koboy melakukan sulap yang melibatkan api. Seiring dengan hilangnya api, si koboy pun menghilang.

Dengan menghilangnya si koboy, sang boss yang mengurusi Lana pun menjualnya ke Planet Spa. Lana tak lagi bahagia. Ia terus merindukan si koboy dan kebun binatang. Lana kini bekerja sebagai tukang pijat plus plus. Pelanggannya sangat suka dengan kisah-kisah kebun binatang yang ia ceritakan. Seorang bodyguard albino di tempat tersebut jatuh cinta pada Lana. Ia pun kemudian membakar Planet Spa untuk melindunginya. Kini Lana berhasil kembali ke kebun binatang, tapi dia tak menemukan siapapun disana. Ia kembali berdiri sendirian di kebun binatang.

Preview majalah Cobra

Kebun binatang. Koboi dan gadis Indian. Sulap. Pijat plus-plus. Interaksi. Jenjang leher jerapah. Pergi. Hasrat. Keramaian. Datang. Perjalanan. Daun telinga gajah. Hening. Perubahan. Sutradara Edwin memindahkan asing-asing dan kedekatan-kedekatan pada kita– pada manusia—dengan cara yang sebebas intuisinya, dan tak mudah diterka. Gambar, musik, dialog adalah komposisi irama tenang dan mencong pada cerita yang sederhana: Seorang gadis yang sejak kecil hidup di kebun binatang yang suatu saat harus pergi meninggalkan tempat itu, berkelana bersama seorang pesulap berkostum koboi, hingga mendarat di tempat spa plus. Wajar dan sureal. Dan sangat indah.

Setelah film panjang pertamanya “Babi Buta Yang Ingin Terbang”, juga karya pendek terbaru “Roller Coaster” yang mengabarkan rasa ajaib bagi pria dan wanita yang telah lama bersahabat saling melucuti pakaian dan akan bugil saling berhadapan (karya ini disertakan dalam film omnibus Belkibolang bersama karya delapan sutradara lain; kesemuanya bertema besar Jakarta di waktu malam dan dimainkan oleh dua pemeran utama), kini Edwin kembali datang dengan detail visual kisah-kisah dan kekuatan intuisi (yang dilengkapi dukungan teknis yang bagus), yang semakin sulit tampak pada cara produksi film lokal hari ini. Melewati karya-karyanya (yang durasi pendek pun panjang) diputar di puluhan negara, mendapat respon positif dari media-media internasional, dan namanya tertera di atlas sutradara dunia, bisa jadi Edwin serupa Garin Nugroho muda yang punya tiga jenis tato Iggy Pop (dalam berbagai model potongan otot), senang melukis gerak gerik satwa, dan bisa mengeluarkan koin emas dari vagina. Postcard From The Zoo yang menawan akan datang mengabarkannya.

Cast & Crew

Cast: Ladya Cheryl, Nicolas Saputra, Adjie Nur Ahmad, Klarysa Aurelia Raditya, Dave Lumenta, Abizars, Iwan Gunawan, Nitta Nazyra C. Noer, Heidy Trisiana Triswan.
Directed & Written by: Edwin.
Producer: Meiske Taursia.
Co-writers: Daud Sumolang, Titien Wattimena.
Director of Photography: Sidi Saleh.
Editor: Herman Kumala Panca.
Art Director: Bayu Christianto, Kurniawansyah Putra.
Art Supervisor: Eros Eflin.
Scoring Music: Dave Lumenta.
Make Up: Eba Sheba.
Casting: Nanda Giri.
Costume Designer: Aulia Yogyanti.


SEMOGA SEGERA TAYANG DI 2012!!!!


UPDATE!!!!

Film Nicholas Saputra, Postcard From Zoo Akan Tayang Di Berlinale Film Festival 2012



Film Indonesia kembali berprestasi.

Salah satu festival film bergengsi dunia, festival film Berlin, telah mengumumkan daftar film-film yang akan ikut kompetisi dalam festival film yang diadakan ke 62 kalinya ini.

Ada lima film yang ikut kompetisi kali ini dan salah satunya adalah wakil dari Indonesia, film Postcard From Zoo, yang disutradarai oleh Edwin dari Babi Buta Film.

Postcard From Zoo dibintangi oleh Ladya Cheryl ( Ada Apa Dengan Cinta, Fiksi) dan Nicholas Saputra ( Ada Apa Dengan Cinta, Gie).

Selain Postcard From Zoo, film lain yang ikut kompetisi adalah film produksi Spanyol, Republik Rakyat Cina, Hongkong/Cina, Filipina, Inggris Raya, Jerman, Amerika Serikat dan Perancis.

Berlinale Film Festival ke 62 akan diselenggarakan mulai tanggal 9-19 Februari 2012 nanti. 


SUMBER : Disini

0 komentar:

Posting Komentar